• Penulis: admin
  • Tanggal: 06 Maret 2023

18 Pegawai Inspektorat Kabupaten Sigi Mengikuti Pelatihan Audit Investigatif Di BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

PALU - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Tengah, menggelar Pelatihan Audit Investigatif di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Sigi, Inspektorat Kota Palu dan Inspektorat Kabupaten Buol.

Kepala Perwakilan BPKP Sulteng Evenri Sihombing menjelaskan, audit investigatif ini merupakan audit yang dilakukan dengan pendekatan investigatif. Auditor dalam melakukan audit investigatif, dituntut untuk menggunakan keahlian layaknya seorang penyidik, lebih banyak bersifat intuitif dan ketepatan dalam penentuan alur pikir dari pelaku penyimpangan dan penerapannya di lapangan.

“Pelatihan audit investigatif ini akan membahas konsepsi audit investigatif, aspek hukum, hingga pelaksanaan auditnya, serta simulasi praktik berbagai kasus,” jelasnya.

Hadir dalam pembukaan Pelatihan Audit Investigatif yaitu Bupati Sigi Mohammad Irwan, S.Sos., M.Si, Deputi Investigasi BPKP Pusat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Drs. Nuim Hayat, MM., Sekretaris Inspektorat Kabupaten Sigi Drs. Kisman, M.Si serta para Irban Inspektorat Kabupaten Sigi.

Bupati Sigi dalam sambutannya sangat mengapresiasi kepada Kantor Perwakilan BPKP Sulteng, atas penyelenggaraan pelatihan audit investigasi bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), khususnya Inspektorat Kabupaten Sigi, Kota Palu dan Kabupaten Buol.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada BPKP Sulteng, atas apresiasinya dan pendampingannya selama ini kepada Pemda Sigi, dalam pembangunan kemandirian serta akuntabilitas desa, sehingga menjadikan Kabupaten Sigi sebagai contoh bagi Kabupaten lainnya dalam pengembangan, pembangunan, kemandirian dan akuntabilitas desa,” terang Bupati Sigi.

Pelatihan Audit Investigatif di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Sigi, Kota Palu, dan Kabupeten Buol diikuti oleh 21 peserta, yang terdiri dari 18 orang pegawai Inspektorat Kabupaten Sigi, 2 orang pegawai Inspektorat Kota Palu dan 1 orang pegawai Inspektorat Kabupaten Buol.

Tujuan Pelatihan Audit Investigatif adalah untuk memberikan pemahaman konsep dan meningkatkan profesionalisme aparatur dalam rangka pelaksanaan tugas terkait Audit Investigatif di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Sigi, Kota Palu, dan Kabupeten Buol. Para auditor harus selangkah lebih maju dari penyelenggara pemerintahan, dan dapat memberikan rekomendasi atau solusi guna mewujudkan pemerintahan yang lebih baik dan terbebas dari korupsi.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu melaksanakan audit investigatif secara efektif dan sesuai dengan standar audit. Selain itu, peserta pelatihan diharapkan dapat menjelaskan:

  • Aspek hukum dalam audit investigatif
  • Mampu mengelola informasi awal kecurangan
  • Mampu menyusun perencanaan audit investigatif
  • Mampu mamahami pengumpulan dan Evaluasi Bukti
  • Mampu menyusun teknik wawancara dalam penugasan audit investigatif     
Pelatihan Audit Investigatif dilaksanakan selama 5 hari kerja, mulai tanggal 6 Maret s.d. 10 Maret 2023, bertempat di kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, di Palu.